Tahun Baru, Harga Ikan Segar Naik Drastis
Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Harga ikan laut di sejumlah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) mengalami kenaikan cukup drastis di tahun baru saat ini, Jumat (1/1/2016).

Pantauan blokTuban.com, tampak sejumlah tempat penjualan ikan segar ramai pembeli. Seperti yang terjadi di Pasar Ikan Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Pasar Ikan Kradenan, Kecamatan Palang, dan juga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa/Kecamatan Palang. Pemandangan ini sedikit berbeda dengan hari-hari biasanya.

"Harga ikan juga melonjak drastis," kata salah satu pembeli, Nana (45), kepada blokTuban.com di TPI Desa Palang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Ikan yang laris diburu pembeli, adalah jenis ikan yang biasa dikonsumsi warga dengan cara dibakar. Di antaranya ikan togek, krapu, ikan kuning, dan juga ikan tongkol. Selain beberapa hasil laut seperti udang dan cumi-cumi.

Untuk ikan togek harga per kilogram saat ini mencapai Rp23.000, dari harga biasa yang hanya berkisar Rp11.000. Ikan tongkol kecil mencapai harga Rp17.000 dari harga biasa yang hanya Rp11.000 per kilogram. Jenis ikan krapu mencapai Rp30.000 dari harga biasa sekitar Rp21.000 per kilogram dan juga untuk ikan kuning/krapok bermata besar seharga Rp17.000 dari harga biasa Rp9.000 per kilogram.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di TPI Palang, Sripan Muh Anton, menerangkan melonjaknya harga ikan karena banyaknya permintaan, bukan karena langka atau menurunnya hasil tangkapan ikan milik nelayan.

"Kalau jumlah ikan sebenarnya masih cukup, cuma karena yang minat untuk acara tahun baru juga banyak sehingga permintaan meningkat," kata Sripan.

Dia menjelaskan, di TPI Palang sendiri, rata-rata mendapatkan pasokan ikan dari nelayan sekitar 15 ton per hari. Khusus tahun baru, pasokan ini ditambah dengan mengandalkan tangkapan ikan di hari sebelumnya. [pur/col]