Hingga Tahap III, Pencairan PKH Capai Rp 29 Miliar

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pencairan atau penyaluran dana Program Keluarga Harapan (PKH) oleh pemerintah pusat di Kabupaten Tuban, hingga tahap III ini mencapai Rp29 Miliar.

Melalui kantor pos dan didampingi tim PKH dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Tuban, Penyaluran berjalan lancar. Pencairan dilakukan setiap triwulan selama satu tahun.

"Laporan tertulis didapat setelah pencairan PKH dilakukan selang seminggu kemudian. Karena pencairan setiap kecamatan tidak bisa dilakukan bersamaan," terang Kepala Bidang (Kabid) Bantuan, Pemberdayaan dan Organisasi Sosial, Abdul Latif.

Data yang dihimpun blokTuban.com, tercatat hingga tahap III jumlah Keluarga Sangat Miskin (KSM) mencapai 66.959 keluarga. Latif berharap dana PKH yang diterima masyarakat hendaknya dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Ditemui terpisah, koordinator tim PKH Kabupaten Tuban, Agung Waluyo menjelaskan, untuk pencairan dana tiap tahap memiliki selisih nominal yang berbeda. Pada tahap pertama pencairan dana PKH mencapai Rp5,5 miliar, tahap ke dua Rp17,7 miliar dan tahap tiga Rp6,1 miliar.

"Pada tahap ke dua nominal pencairan dana tertinggi dari lainnya. Karena KSM yang terdaftar sebagi penerima PKH selain menerima dana PKH sesuai komponen, juga mendapat dana tetap sebesar Rp500 ribu untuk setiap kk," kata Agung Waluyo.

Seperti yang diketahui, pelaksanaan PKH bertujuan untuk pembangunan millenium. Lima komponen yang hendak dicapai PKH yaitu, pengurangan penduduk miskin dan kelaparan, pendidikan dasar, kesetaraan gender, pengurangan angka kematian bayi dan balita dan pengurangan kematian ibu melahirkan. [dwi/rom]