Hore! Tukang Becak Panen Rezeki

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Tukang becak di kawasan wisata Sunan Bonang, Kabupaten Tuban, panen rezeki selama liburan Natal dan menjelang Tahun Baru 2016. Bagaimana tidak, peziarah dan wisatawan dari luar Tuban mempergunakan jasa mereka nyaris siang dan malam.

Pantauan blokTuban.com, peziarah tampak padat di terminal wisata Sunan Bonang, di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Tuban. Begitu juga, wisatawan juga tampak di sepanjang akses jalan menuju makam penyebar agama Islam, tepatnya di Jalan KH Mustain dan Jalan AKBP Suroko, Tuban.

Selain ke Sunan Bonang, wisatawan ini juga mempunyai tujuan lain. Yaitu pantai Boom Tuban yang melegenda dengan cerita sejarahnya sebagai pelabuhan besar di era kejayaan Majapahit.

"Peziarahnya ramai siang dan malam, mereka lebih banyak mempergunakan jasa becak dibanding harus jalan kaki yang lumayan jauh," kata salah satu pembecak Kastar (44), kepada blokTuban.com, Senin (28/12/2015).

Secara otomatis, hal ini berdampak dengan pendapatan pembecak. Selama sepekan ini, mereka bisa mengantongi uang sampai 200 ribu rupiah perhari. Berbeda dengan hari biasa yang rata-rata tidak sampai 50 ribu rupiah.

"Sampai tahun baru nanti kita berharap tidak hujan, karena kalau hujan peziarah juga akan sepi dan kita juga berat mengayuh becaknya," tambah pembecak lain, Kasdi (51).

Imbas banyaknya peziarah juga dirasakan pedagang di sekitar lokasi wisata ini. Aneka jenis barang dagangan mereka tampak laris dibanding hari-hari biasa.

"Kalau libur begini memang lebih banyak yang beli," ujar salah seorang pedagang, Narto. [pur/ito]