Goa Zongzang Destinasi Wisata Desa Tuwiri Wetan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kabupaten Tuban merupakan kabupaten yang terkenal dengan Kota Seribu Goa. Goa-goa yang berada di Kabupaten Tuban mempunyai keunikan yang berbeda-beda misalnya Goa Zongzang yang terletak tidak jauh dari Goa Srunggo di Desa Tuwiri wetan, Kecamatan Merakurak.

Sampai saat ini Goa Zongzang yang terletak sekitar 100 meter dari Goa Srunggo masih dipergunakan warga sekitar untuk kebutuhan mandi dan mencuci.

Warga sekitar Muhammad menceritakan, legenda Goa Zongzang, merupakan goa tempat pemandian Mbah Rifa'i sehingga sampai sekarang warga sekitar masih memakai air yang mengalir di dalam goa tersebut untuk mandi dan mencuci.

"Konon dulunya Goa Zongzang ini tempat pemandian Mbah Rifa'i, penyiar agama Islam di Desa Tuwiri wetan," ujar Muhammad kepada blokTuban.com.

Selain Air yang mengalir, di Goa Zongzang juga terdapat banyak kelelawar, air yang mengalir di Goa Zongzang merupakan aliran air dari Goa Srunggo.

"Di dalam goa tersebut terdapat aliran air yang tidak pernah kering, untuk saat ini warga sekitar masih ada yang memakai untuk mandi," pungkasnya. [hud/col]