DPRD Minta Peredaran Pupuk Diawasi

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban mengingatkan pemerintah agar memperketat pengawasan pupuk bersubsidi. Anggota Komisi B DPRD Tuban, Cancoko, menyebutkan peredaran pupuk bersubsidi rawan penyelewengan sehingga perlu dilakukan pengawasan yang ketat, terutama di tingkat pendistribusian.

"Jangan sampai ada permainan dan penyelewengan, peredaran pupuk bersubsidi sekarang harus benar-benar diawasi," kata Cancoko kepada blokTuban.com, Jumat (25/12/2015).

Apabila penyelewengan terjadi, petani yang saat ini sedang masa pemupukan akan dirugikan. Sebab, dampak dari penyelewengan pupuk adalah sulitnya mendapatkan pupuk dan akhirnya, petani terpaksa membeli pupuk di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Sekarang adalah masanya memupuk, jangan sampai timbul permasalahan seperti kelangkaan, ataupun harga pupuk mahal yang merugikan petani," terang Cancoko.

Kelangkaan pupuk, diakui Cancoko, sudah ditemukan di beberapa tempat. Meski sampai sekarang belum ada laporan resmi secara kelembagaan, tetapi permasalahan ini harus diantisipasi sejak dini. Caranya, adalah mengawasi dengan benar peredaran pupuk bersubsidi yang menjadi hak petani. [pur/col]