Realisasi PAD Obyek Pemandian Bektiharjo Capai 90 Persen.

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemandian Bektiharjo, obyek wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabuaten (Pemkab) Tuban hingga akhir November mencapai 90 persen.

Dari data yang dihimpun blokTuban.com dari Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban, target PAD Pemandian Bektiharjo Rp 275 juta. Sedangkan realisasi PAD akhir November mencapai Rp 248 juta.

"Pada akhir tahun, kami optimis target akan tercapai," ungkap Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tempat Rekreasi Disperpar Tuban, Heru Trijatmika.

Dalam melakukan upaya peningkatan PAD, ditemui pula kendala dalam pelaksanaan di lapangan. Sumber Daya Manusia (SDM) belum mumpuni, seperti kurang ramahnya petugas di tempat wisata.

"Selain itu, rasa memiliki atau klaim masyarakat lokal akan obyek wisata di tempat tinggalnya kerap menjadi kendala tersendiri," tungkas Heru.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Disperpar Tuban, Sunaryo mengatakan, beberapa upaya dilakukan Pemkab melalui Disperpar dalam pencapaian target tempat rekreasi. "Memperbaiki sarana dan prasarana di lokasi wisata, juga dilakukan promosi melalui media cetak dan elektronik," terang Sunaryo.[dwi/ito]