Polres Siagakan Personel untuk  Pengamanan Natal

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Untuk menciptakan suasana kondusif pada perayaan Natal, jajaran Polres Tuban melakukan pengamanan dengan menyiagakan personel di beberapa titik di tempat peribadatan dan tempat rawan kejahatan. Operasi pengamanan Natal ini dilakukan di 12 Gereja di Kota Tuban dan enam titik pos pengamanan dan pos pelayanan (Pospam-Posyan) yang nantinya akan memantau kondisi di lapangan jika terdapat indikasi yang mencurigakan.

Kasubag Humas Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Elis Suendayati mengatakan, acara operasi pengamanan Natal ini memang dilaksanakan rutin setiap tahunnya. "Sudah sejak sore kami melakukan operasi pengamanan Natal ini, tiga gereja sudah kami pantau dalam keadaan aman dan besok masih akan lanjut lagi karena besok adalah acara puncak Natalnya," ujarnya.

Pada pengamanan Natal tahun ini, Polres Tuban mengerahkan 326 anggota personel yang nantinya akan berjaga untuk mengamankan di tiap-tiap gereja. Selain itu juga berjaga di tiap-tiap Pospam dan Posyan yang menjadi sentra keramaian.

Elis menambahkan, untuk Pospam dan Posyan ada di enam titik, rinciannya pertama di Pospam Boom dipimpin Ipda Agus Setyono, yang kedua di Posyan Rest Area dipimpin Iptu Ayis Rizal, yang ketiga di Pospam Sukolilo dipimpin oleh AKP Basir. Selanjutnya, keempat di Pospam Pasar Rengel dengan pimpinan Iptu Edi Purnomo, yang kelima Pospam Gereja ST.Petrus dipimpin AKP Yudi, dan yang terakhir di Pospam Temangkar, AKP Nur Khozin.

"Hal ini dilakukan untuk cipta kondisi pengamanan Natal, sehingga terjadi kekhusukan bagi para jemaat umat Kristiani yang sedang merayakannya," pungkasnya.

Diketahui untuk Pospam dan Posyan ini akan terus berlanjut sampai memasuki tahun baru 2016. Karena seperti biasanya pada saat menjelang tahun baru pasti banyak anak-anak muda yang sedang merayakannya secara berlebihan. [nok/col]