Tuban Terima DIPA APBN 2016

Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban mendapatkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun anggaran 2016 dari Pemerintah Pusat, acara ini dilaksanakan di Pendopo Kridha Manunggal pada Rabu (23/12/2015) pagi, dalam pelaksanaan DIPA dipimpin langsung oleh Bupati Tuban Fathul Huda dan dihadiri oleh Ketua Kantor Pusat Perbendaharaan Negara (KPPN) Tuban Sunoto, beserta Satuan Kerja Pelaksana Daerah (SKPD).

Bupati Tuban Fathul Huda, mengatakan bahwa angggaran yang diterima ini diharapkan mampu terserap dengan baik, dan digunakan sesuai dengan semestinya, sehingga mampu memberikan kontribusi untuk pembangunan daerah Kabupaten Tuban, serta meningkatkan perekonomian masyarakat Tuban dengan program-program yang dijalankan oleh Pemkab.

"Anggaran yang diterima pemerintah Kabupaten Tuban dari Pemerintah Pusat adalah sebesar Rp325,53 miliar, anggaran tersebut dibagikan di dua instansi vertikal, yang pertama yaitu pada kantor vertikal yang meliputi Depag, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, Kepolisian, Badan Pertanahan Negara serta lembaga keuangan, dan yang kedua dibagikan ke Satuan Kerja Pelaksana Daerah (SKPD), tidak semua SKPD mendapatkan, untuk anggaran tahun 2016 ini hanya Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Kelautan, dan Dinas Pekerjaan Umum," terangnya kepada blokTuban.com

Lebih lanjut Fathul Huda menambahkan, Kantor vertikal mendapatkan kucuran anggaran sebesar Rp315,17 miliar, sedangkan SKPD mendapatkan anggaran Rp10,36 miliar. Pembagian anggaran ini sudah ditentukan dari Pemerintah Pusat, sudah ada kalkulasi anggarannya untuk masing-masing dinas dan instansi yang memperoleh. "Jadi Pemerintah Kabupaten Tuban hanya menyerahkan hasilnya kepada instansi yang menerima tanpa mengurangi ataupun menambahkan anggaran yang sudah ditentukan oleh Pmerintah Pusat," jelasnya.

Berdasarkan pantauan blokTuban.com, acara DIPA ini berakhir ketika telah dilakukan penandatanganan bersama secara simbolis oleh Bupati dan perwakilan instansi penerima anggaran dari Pemerintah Pusat. [nok/rom]