Pasukan Lilin Semeru Siap, 326 Personil Dikerahkan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Polisi Resort (Polres) Tuban telah mempersiapkan pasukan lilin semeru 2015 sebanyak 326 personil.

Selain personil, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, dipersiapkan juga kendaraan bermotor (ranmor), alat komunikasi, tenda beton dan sarana prasarana lainnya.

"Alat ranmor yang dilibatkan 71 unit roda empat, 206 unit roda dua, sejumlah ambulan dan mobil derek," ungkap Kapolres Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Guruh Arif Darmawan.

AKBP Guruh menambahkan, penjagaan selama libur natal dan tahun baru akan dilakukan selama sepuluh hari, dari H-1 hingga H+8. Dimulai sejak tanggal 24 Desember 2015 hingga 2 Januari 2016 mendatang.

Beberapa pos penjagaan akan disebar dibeberapa titik di Kabupaten Tuban. Seperti di pantai boom, gereja khatolik Santro Petrus, rest area. Tidak kalah penting, pada jalur utama (Jenu-Tuban-Widang), dan untuk jalur alternatif penjagaan ketat juga dilakukan.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, Rabu pagi (23/21/2015) persiapan akhir telah dilakukan. Gelar pasukan operasi lilin semeru 2015 Polres Tuban sudah dihelat.

Dalam pelaksanaan di lapangan, AKBP Guruh menambahkan, perlu adanya kerajasama semua pihak, seperti dengan gereja, pemuda gereja, polisi, barisan ansor serbaguna (Banser), dan perlindungan masyarakat (linmas). "Selian itu dilibatkan juga organisasi radio amatir republik Indonesia (ORARI) dalam hal komunikasi," tutup Kapolres. [dwi/rom]