Pabrik Semen di Rembang Digelontor Rp 4,452 Triliun

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pembangunan pabrik PT Semen Gresik di Kabupaten Rembang, digelontor Rp4,452 triliun.

Anggaran sebesar ini, dipergunakan untuk pembangunan pabrik semen yang berdiri di tapak seluas 57 hektar. Berada di Desa Tegaldowo dan Desa Ngadiwono, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang.

"Pembangunan pabrik ini dengan cara swakelola, menggunakan anggaran dari PT Semen Indonesia (sebagai holding PT SG)," kata Kepala Project Pabrik Semen Gresik di Rembang, Ari Wardana, di lokasi pembangunan pabrik semen di Rembang, Selasa (22/12/2015).

Ari menjelaskan, saat ini pembangunan pabrik sudah mencapai 76,86 persen. Pantauan blokTuban.com, lokasi pabrik yang berada di tengah hutan ini sudah dalam tahap pembangunan dan pemasangan infrastruktur utama. Seperti row mill dan cement mill, pree heater, dan beberapa kebutuhan yang lain.

"Kendala untuk saat ini adalah hujan, tapi kami akan berusaha menyelesaikan dengan baik," jelas Ari.

Diketahui, PT Semen Gresik, anak perusahaan PT Semen Indonesia membangun pabrik di Kabupaten Rembang. Lokasi pembangunan berada di Desa Tegaldowo dan Desa Ngadiwono, di Kecamatan Gunem. Di tempat ini, dinilai mempunyai cadangan bahan baku berupa kapur dan clay yang cukup potensial. [pur/rom]