ADD Kabupaten Tuban Naik 1 Milyar Lebih

Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Alokasi Dana Desa (ADD) Kabupaten Tuban mengalami kenaikan dari Tahun 2014 ke tahun 2015. Anggaran tahunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban tersebut akan membuat keadaan desa di Kabupaten Tuban menjadi lebih baik. Sebab, dengan adanya kenaikan alokasi dana tersebut maka praktis kebutuhan untuk pembangunan desa akan mudah terwujud.

Kepala Bidang Pemberdayaan Desa Bapemas Kabupaten Tuban, Sugeng mengatakan, saat ini ADD Kabupaten Tuban mengalami kenaikan anggaran, pada tahun 2014 ADD Kabupaten Tuban sebesar Rp.105,6 Miliar (M), sedangkan untuk tahun anggaran 2015 ini mencapai Rp.107,2 M, maka kenaikan anggaran tersebut sekitar Rp.1,6 M, sehingga diharapkan alokasi dana ini bisa dimanfaatkan dengan baik bagi desa yang membutuhkan.

"Untuk pengalokasian ADD ini bervariasi, tidak bisa semua disamakan. Karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya anggaran yang didapat tiap-tiap desa," kata Sugeng kepada blokTuban.com.

Lebih lanjut Sugeng menerangkan, yang menjadi faktor besar kecilnya penerimaan ADD adalah Jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah penduduk miskin, dan kesulitan geografi, sebab ADD harus dikelola dengan baik dan tidak bisa disamaratakan dalam proses pembagiannya. Jika disamakan justru akan lebih tidak baik, karena masing-masing kebutuhan anggaran tiap desa itu berbeda, dengan mengacu pada keempat faktor tersebut.

"Desa untuk ke depan ini harus lebih baik, karena selain ada  Alokasi Dana Desa (ADD) dari Pemkab,  desa juga mendapatkan Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat," ujar Sugeng. [nok/ito]