Reporter: Dwi Rahayu

blokTban.com - Memasuki musim tanam nasabah PT Pegadaian (Persero) Cabang Tuban mengalami peningkatan di dua Unit Pelayanan Cabang (UPC).

Keterangan dari Kepala Cabang PT Pegadaian (Persero) Cabang Tuban, Setyawan Ibnu hadi, dua UPC dominan  yakni berada di Kerek dan Merakurak. Setiap hari nasabah yang melakukan transaksi lebih dari 200 nasabah.

"Nasabah di Kerek sekitar 50  hingga 100, sedangkan di Merakurak sekitar 50 hingga 75 nasabah," terang Setyawan.

Setyawan menambahkan, di Kerek dan Merakurak memiliki basis pertanian yang berpotensi sehingga berpengaruh terhadap capaian Out Standing Loan (OSL) atau dana yang tersalur di masyarakat

"Capaian atau realisasi OSL UPC Kerek mencapai Rp7 miliar, UPC Merakurak mencapai Rp6 miliar dan yang lain dibawah Rp5 miliar," imbuh Setyawan.

Pada musim tanam, barang gadai masuk lebih mendominasi. Mayoritas penduduk Tuban berkerja sebagai petani, hal itu mempengaruhi tingkat nasabah pengguna jasa gadai.

"Masyarakat banyak yang menjadikan perhiasan emas sebagai barang gadai, sekitar 75 persen dibanding barang gadai lain, seperti barang gudang dan surat penting," pungkas Setyawan. [dwi/col]