Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Swasembada pangan merupakan jargon program dari pemerintahan Jokowi-JK pada masa menjabat saat ini, tentunya hal tersebut tidak akan bisa terwujud jika pemerintah daerah tidak ikut andil untuk mensukseskan. Karena bagaimanapun kesuksesan program swasembada pangan, harus sampai dan dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Diketahui bahwa untuk mensukseskan program tersebut, pemerintah pusat sudah menyiapkan tenaga penyuluh untuk program swasembada pangan dalam bidang pertanian, dan pemerintah juga sudah memberikan bantuan traktor kepada para petani untuk tahun ini. Sebab hal tersebut  untuk menunjang percepatan swasembada pangan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, Hery Prasetyo S mengatakan, bahwa pihaknya benar-benar ingin mensukseskan program pemerintah tentang swasembada pangan, karena hal tersebut sangatlah baik untuk menopang perekonomian masyarakat, dan juga untuk menunjukkan keberhasilan pemerintah dalam bidang ketahanan pangan.

"Pemerintah pusat sudah memberikan bantuan traktor untuk petani di Tuban sebanyak 40 alat, sedangkan pemerintah Kabupaten telah memberikan bantuan traktor sebanyak 72 alat yang dibagikan untuk petani," ungkapnya.

 Hery menambahkan, tentunya bukan sembarang petani yang mendapat bantuan tersebut, melainkan petani yang sungguh-sungguh ingin ikut andil dalam mensukseskan program pemerintah tentang swasembada pangan.

"Diharapkan bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi petani, dan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi serta mampu menopang stok beras untuk cadangan berikutnya," harap Hery.

Sementara itu, terkait hasi pertanian, Hery mengungkapkan, bahwasanya saat ini Kabupaten Tuban tidak kurang dalam memenuhi kebutuhan stok beras. "Saat ini panen beras petani di Tuban mengalami surplus 85 persen, sehingga Kabupaten Tuban sudah bisa mengimplementasikan program ketahanan pangan dari pemerintah pusat, semoga ini juga berlaku bagi daerah lain," tandasnya. [nok/ito]