Isi Liburan, Kwarran Parengan Gelar Pesta siaga

Reporter: Ahmad Syahid

blokTuban.com - Berbagai macam cara dilakukan lembaga pendidikan dan organisasi untuk mengisi liburan bagi siswa-siswinya. Begitu pula yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Parengan. Pada hari Minggu (20/12/2015) Kwarran Parengan menggelar pesta siaga bagi siswa kelas III-IV Sekolah Dasar (SD) Se-Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban.

Acara digelar satu hari penuh mulai pukul 07.00 WIB hingga 16.30 WIB di Halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) Parangbatu, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Antusias peserta begitu tampak semangat dan ceria. Mereka berlomba menjadi juara tingkat Siaga Se-Kecamatan Parengan.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, ada 40 barung putra dan putri dari 20 Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kecamatan Parengan. Acara tersebut dikemas semenarik mungkin, terdapat delapan perlombaan dan empat game, antara lain lomba lambang pancasila, arah mata angin, PBB, sumpah pemuda dan lain sebagainya.

Ketua Kwaran Ranting (Kakwarran) Kecamatan Parengan, M. Amin, menyampaikan, pentingnya menanamkan kembali jiwa pramuka kepada siswa-siswi mulai sedini mungkin. Sebab, dengan berpramuka karakter seseorang akan tumbuh dan jiwa sosial sesama anak pramuka akan terjalin dengan erat.

"Untuk mengisi hari libur, sebisanya kita isi dengan kegiatan yang produktif. Dengan pentas siaga ini, harapannya agar bisa menjadi ajang menumbuhkan kesolidan dan kekeluargaan siswa, pembina dan guru Se-Kecamatan Parengan. Selain itu juga menjadi sarana DKR dalam berkreasi dan inovasi kegiatan," ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Parengan itu.

Salah satu pembina pendamping, Khoirul Huda, sangat mengapresiasi betul kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwarran Parengan tersebut. Sebab sangat bernilai positif bagi siswa-siswi untuk menunjang kreativitas dan kekompakanya sehingga jiwa sosialnya akan semakin tinggi.

"Semoga kegiatan seperti ini bisa diagendakan setiap tahun sehingga bisa mengemasnya dengan lebih baik lagi. Bagi kami ini sangat berpotensi sebab dengan pramuka jiwa siswa lebih berkarakter," ujar pria yang juga pengajar di SDN Mojomalang tersebut kepada blokTuban.com.

Salah satu peserta, Rodik (10) mengaku kelompoknya sangat bangga dengan kegiatan yang telah ia ikuti. "Bisa menambah teman lebih banyak lagi dan berpengalaman," jawabnya. [hid/col]