Tumpukan Sampah Ganggu Pemandangan Jalur Deandles

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pengguna Jalan Deandles atau Pantura Lama, lumayan terganggu dengan keberadaan tumpukan sampah yang berada tepat di pinggir jalan.

Pantauan blokTuban.com, kesan kumuh terlihat usai melintas di kawasan makam Tundung Musuh. Tumpukan sampah terlihat mencolok di wilayah yang menjadi perbatasan Desa Tasikmadu dengan Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Di tempat ini, sampah seperti dibuang begitu saja bercampur dengan semak-semak yang ada di sisi utara jalan. Kebanyakan sampah yang dibuang adalah an-organik, atau sampah yang tidak bisa diurai seperti plastik, pembalut, popok bayi, ataupun bungkus makanan. Tumpukan sampah ini menimbulkan bau tidak sedap. Terlebih di musim penghujan seperti saat ini.

"Ini sudah lama, tampaknya jarang juga dibersihkan," terang salah satu pengendara yang melintas, Kasmuri (51), kepada blokTuban.com, Jumat (18/12/2015).

Selain di tempat ini, sepanjang pantai di Kecamatan Palang juga banyak ditemukan tumpukan sampah. Seperti yang terlihat di pantai Desa Gesikharjo. Sampah cukup mengganggu pemandangan di tempat yang semestinya menjadi tujuan wisata keluarga ini.

Camat Palang, Sugeng Winoto, kepada blokTuban.com menyebut kalau sampah memang menjadi persoalan bersama. Karena hal inilah, pihaknya ingin membangun budaya kerja bakti di tengah masyarakat.

"Tadi pagi kita sudah kerja bakti dengan anak-anak SMK. Harapan kita ini terus berlanjut agar lingkungan kita yang banyak pantainya ini tidak tercemar," jelas Sugeng. [pur/ito]