Penghujan, Transaksi Emas Didominasi Petani

Teporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Saat musih penghujan seperti sekarang ini, penjualan emas di Tuban Kota cukup stabil satu minggu belakangan ini. Harga emas berkisar antara Rp240 ribu hingga Rp395 ribu.

Toko aksesoris yang sering digunakan untuk kaum hawa ini tidak pernah sepi dari pembeli. Terlihat di beberapa toko yang ada di wilayah Tuban Kota, transaksi jual beli hampir setiap hari tidak ada surutnya. Karena disamping perhiasan emas bisa digunakan sebagai aksesoris untuk mempercantik diri, juga bisa digunakan untuk investasi.

"Harga emas dengan kadar 30% atau emas murah saat ini Rp240 ribu per gram," terang penjaga toko sumber urip, Manan.

Selain emas berkadar 30%, ada pula emas berkadar 70% atau emas mahal. Dimana emas mahal disebut juga emas tua, memiliki kandungan atau karat lebih tinggi dari emas murah. "Harga emas tua berkisar antara Rp360 ribu sampai Rp395 ribu setiap satu gram," jelasnya.

Untuk transaksi jual beli perhiasan emas sendiri, saat ini didominasi penjualan kembali dari masyarakat. Musim hujan merupakan musim tanam bagi para petani, karena sebagian besar penduduk Kabupaten Tuban bekerja sebagai petani.

"Setiap kali memasuki musim tanam atau musim penghujan, para petani yang memiliki emas menjual kembali untuk tambahan dana, guna keperluan bercocok tanam, seperti sekarang ini" tutup Manan kepada blokTuban.com. [dwi/rom]