Antisipasi Banjir, Ratusan Warga Kedungharjo Bangun Sesek

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Ratusan masyarakat Kampung Leboh, Dusun Tangar, Desa Kedungharjo, Kecamatan Widang, bersama pemerintah kecamatan setempat melakukan kerja bakti perbaikan tanggul di sepanjang bantaran sungai bengawan solo, Jumat (18/12/2015).

"Kegiatan kerja bakti kali ini bertujuan untuk menanggulangi banjir tahunan yang kerap melanda," terang Camat Widang, Sutrisno.

Kegiatan yang dilakukan diantaranya memasang tiang bambu, gedek yang terbuat dar kulit pohon bambu dan glangsing berisi pasir. Kegiatan tersebut melibatkan satuan Polisi, TNI dan tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Sesek dibangun di dua tempat sudut putaran air bantaran sungai bengawan solo. Masing-masing sepanjang 25 meter dan 35 meter. "Setiap tahun pasti dilakukan perbaikan sesek, tetapi setiap saat memerlukan pembenahan supaya tanggul tidak sampai putus," tambah Sutrisno.

Setiap tahun, lanjut Sutrisno, terdapat enam desa di Kecamatan Widang yang menjadi langganan banjir. Ketiga desa tersebut yakni Tegalrejo, Simorejo, Patian, Ngadipuro, Widang, dan Desa Kedungharjo.

"Langganan banjir dalam setahun bisa dua kali. Di bulan Desember hingga Januari dan bulan April," pungkasnya. [dwi/rom]