Miris Melihat Minimnya Motivasi Generasi Muda Bertani

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Camat Rengel, M.Mahmud mengaku mulai diamanati jabatan di pemerintahan sejak tahun 1995. Ketika itu, dia menjabat sebagai Sekretaris Camat Montong, Kabupaten Tuban, hingga tahun 1998. Saat ini, putra asli Tuban ini menjabat sebagai Camat Rengel setelah sebelumnya memimpin Kecamatan Jenu hingga tahun 2012 lalu.  

Menurutnya, perjalanan menjadi pemimpin sebuah kecamatan menjadi pengalaman hidup yang berharga bagi dirinya. Terlebih, pengalaman berbaur dengan masyarakat. Menjadi Camat membuat M. Mahmud mengerti betul kondisi lingkungan dan sosial ekonomi kemasyarakatan.

Sebagai Camat, dia prihatin dengan kondisi generasi muda saat ini. Sebab, menurutnya generasi muda di era globalisasi ini gengsi bekerja di bidang pertanian, dan gengsi menjadi petani. Minat generasi muda meneruskan pekerjaan pertanian dirasa rendah. Dikhawatirkan petani yang memasuki usia senja kini tidak ada pengganti di kemudiaan hari.

"Bagaimanapun juga Rengel merupakan salah satu lumbung padi di Tuban. Sayang kalau anak muda kita tidak ada yang terjun di pertanian," ungkap bapak tiga anak ini.

Menurut Mahmud, pertumbuhan penduduk setiap tahun mengalami peningkatan, diperlukan pula pasokan bahan makanan yang mencukupi. Kalau sudah tidak ada anak-anak yang terjun ke sawah, bagaimana nasib lahan pertanian nantinya.

Dengan demikian, Mahmud selalu mengupayakan mengajak warga, khususnya generasi muda aktif di bidang pertanian. Dia khawatir sawah produktif beralih fungsi, seperti digunakan pendirian bangunan.

"Saya sampaikan setiap kesempatan seperti dalam pertemuan kelompok tani dan pertemuan lainnya, agar generasi muda berminat menggeluti pertanian," terang pria kelahiran 5 April 1966 ini.

Diakui Mahmud, generasi muda selama ini menganggap tani sebagai pekerjaan yang kurang keren dan supperlente. Karena petani identik dengan bergelut lumpur di sawah.

Selain itu, Mahmud mengajak pula para petani untuk lebih produktif lagi. Dengan memanfaatkan waktu luang, di sela menunggu waktu panen bisa digunakan untuk mengembangkan skill lain. Seperti membuat kerajinan, mendirikan bengkel dan memproduksi kue. [dwi/col]

Biografi:

Nama: Drs. M Mahmud, M.Si.
Tempat tanggal lahir: Tuban, 5 April 1966
Istri: Lisdiana
Anak: Erla Mardiana S, Anindita Kartika, Danda Kintaka

Jenjang Karir:
Sekretaris Camat Montong (1995-1998)
Sekretaris Camat Tambakboyo (1998-2007)
Camat Tambakboyo (2007-2011)
Camat Jenu (2011-2012)
Camat Rengel (2012-sekarang)