Pasca Banjir Bandang, Warga Bersihkan Lumpur

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hujan yang mulai intens mengguyur wilayah Kabupaten Tuban, mengakibatkan beberapa ruas jalan tergenang air juga banjir bandang. Seperti yang terjadi di Desa Sumurgung, Kecamatan Montong pada Senin (14/12/2015) kemarin. Banyak rumah warga yang terendam air yang bercampur lumpur, bahkan ruang kelas SDN 1 Sumurgung tak luput dari banjir bandang.

Salah satu warga yang tengah membersihkan rumah akibat banjir bandang, Syaiful (35) mengatakan, hujan yang turun kemarin sangat deras dan cukup lama, sehingga mengakibatkan air sungai meluap dan masuk ke rumah warga.

"Banjir bandang kemarin menyisakan lumpur yang mengendap di dalam rumah" ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (15/12/2015)

Warga lain, Darmaji (40), yang rumahnya juga terendam banjir bandang mengatakan, banjir yang datang kali ini merupakan yang terparah, karena sampai menggenangi rumah warga dan ketinggian air mencapai sekitar 50 cm.

Hal ini sangat disayangkan, karena tidak adanya penanggulangan yang serius dari pemerintah. Setiap tahun saat musim penghujan tiba, air sungai meluap menggenangi rumah warga dan ini yang terparah.

"Semoga pemerintah cepat menanganinya, dan tidak ada banjir susulan, juga warga diberi bantuan," jelasnya saat ditemui blokTuban.com sambil membersihkan rumah dari genangan lumpur. [hud/rom]