Musim Penghujan, Waspadai Rematik Kambuh

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Musim penghujan yang identik dengan hawa dingin, perlu diwaspadai oleh penderita rematik atau pegal linu. Dikhawatirkan rematik bisa sewaktu-waktu kambuh.

Seorang dokter yang membuka praktek di Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, E Widiyanto, menghimbau bagi warga penderita penyakit rematik perlu memperhatikan menu makan dan waktu mandi.

"Sebisa mungkin menghindari makan sayur kangkung, bayam, babat, hati, otak serta diusahakan mandi jangan terlalu malam," terang dokter Widiyanto.

Setiap pagi disarankan sarapan sekitar pukul 07.00-09.00 WIB, dan setelah mandi pagi, sebisa mungkin digunakan untuk berjemur di bawah terik matahari. Sinar matahari di waktu tersebut dapat membantu mengurangi sakit rematik saat kambuh.

"Selain itu, untuk menjaga kebugaran tubuh, penderita rematik bisa mengkonsumsi wedang jahe. Rasa hangat yang dihasilkan jahe meminimalisir rasa dingin berlebih" jelasnya.

Namun tidak dapat dijadikan patokan, setelah menjauhi pantangan ataupun melakukan yang disaranakan dapat berhasil maksimal. Karena usia 50 tahun ke atas rentan terserang penyakit rematik. [dwi/mu]