Hujan Lebat, Rumah di Desa Bringin Tertimbun Longsor

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hujan lebat yang mengguyur sebagian Kecamatan di Kabupaten Tuban pada hari Senin (14/12/2015) kemarin mengakibatkan rumah warga di Desa Bringin, Kecamatan Montong tertimbun longsor.

Longsor menimpa rumah Lasmani (65) dikarenakan tanah di samping rumah yang tingginya sekitar tiga meter tak mampu menahan derasnya air hujan.

Kejadian berawal sekitar pukul 14.00 siang saat hujan masih lebat, dan Lasmani yang bekerja sebagai petani belum pulang dari sawah. "Waktu kejadian saya masih di sawah," kata Lasmani.

Selasa (15/12/2015), Rasiyem (50) menceritakan kepada blokTuban.com. Pada saat itu di dalam rumah ada Rasiyem istri Lasmani, beserta anak-anaknya dan cucu-cucunya. Ketika terdengar suara gemuruh yang mengagetkan, semua penghuni rumah pun berlari keluar.

Setelah itu sebagian kayu rumah ambrol dan tanah masuk ke dalam rumah. "Tetapi pada saat ini rumah masih dapat dihuni, dan berharap agar longsor susulan tidak terjadi lagi," ujar Rasiyem.

Sampai sekarang Lasmani dan Rasiyem masih syok melihat dinding rumahnya tertimbun tanah sebagian, dan pagi ini para tetangga-tetangga terdekat mulai membersihkan reruntuhan dinding tersebut.

Beruntung peristiwa ini tidak memakan korban tetapi diperkirakan Lasmani mengalami kerugian jutaan rupiah.[hud/lis]