Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Usaha batik gedog tulis yang berada di Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban saat ini mengalami penurunan produksi. Hal ini terjadi karena musim penghujan tiba.

Sebagaimana disampaikan produsen batik gedok, Zainal Abidin, menurutnya kebanyakan para pekerja di tempatnya adalah petani, dan pada musim penghujan seperti saat ini mereka memilih untuk bercocok tanam sementara.

Penanggung jawab usaha pembuatan batik gedog, Wiwid (41) mengatakan, pada musim penghujan seperti sekarang produksi mengalami penurunan yang signifikan. Karena, selain para pekerja yang kebanyakan bercocok tanam juga terkendala lambannya proses penjemuran.

Produksi pada musim penghujan terpaut jauh jika dibandingkan dengan musim kemarau. Pada musim kemarau setiap minggunya bisa menghasilkan hingga 1000 lembar, sedangkan pada musim penghujan hanya 500 lembar.

"Itu pun sudah maksimal bisa dikatakan produksi menurun 50 persen, Pemesanan juga sepi pada musim penghujan seperti ini,untuk sementara batik-batik yang sudah jadi  ini ditempatkan di tempat penyimpanan tidak langsung dikirim," ujar Wiwid. [hud/col]