Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Di Desa Banjarjo, Kecamatan Bancar, Kabupaten terdapat sebuah makam seorang yang dihormati bernama Siti Chalimah atau yang dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan Mbah Kuning.

Siti Chalimah atau Mbah Kuning diketahui sebagai orang Madura yang tinggal di Desa Banjarjo dan mempunyai darah keturunan bangsa Arab.

Menurut juru kunci makam, Mbah Kus, Mbah Kuning meninggal kurang lebih sekitar 100 tahun lalu. "Suaminya juga orang Madura, tapi saya tidak mengenal suaminya. Di dalam pesarean Makam Siti Chalimah atau Mbah Kuning terdapat beberapa makam keponakannya," imbuhnya.

Makam Mbah Kuning rutin diperingati setiap tahun sekali sejak tahun 2012 lalu ketika bulan Suro. "Layaknya makam-makam Wali Allah lainnya," imbuhnya.

Keberadaan makam Mbah Kuning sudah diketahui oleh banyak Masyarakat sekitar sebagai orang alim. Karena itu sering dikunjungi peziarah yang tidak hanya dari Tuban, bahkan dari luar kecamatan dan luar kabupaten.  

"Masyarakat sudah mengetahui keberadaan Makam tersebut, tak heran setiap hari biasa terkadang makam tersebut dikunjungi peziarah," pungkasnya. [nok/col]