Penghujan, BKPH Parengan Tanami Hutan Gundul

Reporter: Ahmad Syahid

blokTuban.com - Memasuki musim penghujan, saat untuk menanam bagi pihak Perhutani guna menjadikan hutan kembali hijau. Begitupula yang akan dilakukan oleh Badan Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Parengan Selatan, yang ikut wilayah Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Parengan.

Saat ini BKPH Parengan Selatan, sudah menyiapkan berbagai jenis pohon dan tanaman buah, untuk ditanam di wilayah hutan Parengan yang kini banyak yang gundul, sehingga hal ini mengakibatkan erosi saat hujan tiba. Di daerah Parengan, sepanjang jalan raya Parengan-Bojonegoro, mayoritas adalah hutan yang masuk wilayahnya. Memang saat ini, apabila hujan tiba pasti debit air dari atas bukit langsung turun ke bawah, sehingga menggenangi jalan raya. Apabila ini dibiarkan terus, maka bisa berakibat banjir di wilayah tersebut.

Asisten Perhutani (Asper) BKPH Parengan Selatan, Talis Raharjo, mengaku pihaknya sudah menyiapkan ratusan ribu jenis pohon, yang nanti akan segera ditanam. Berbagai jenis pohon tersebut antara lain pohon jati, pohon kesambi, pohon trembesi, pohon mahoni, pohon johar, pohon juwet, pohon nangka, pohon keluwih dan pohon kepoh.

"Ini sudah siap untuk ditanam, sebab proses pembibitan sudah kita lakukan sejak bulan Februari lalu," ujarnya kepada blokTuban.com.

Salah satu mandor di BKPH Parengan Selatan, Suyanto, menyampaikan bahwa pihaknya saat ini menyiapkan 348.205 jenis pohon dan buah, di area 0,332 Ha. Dari ratusan pohon, selain untuk mencukupi kebutuhan pohon di Hutan Parengan Selatan, juga untuk 5 BKPH lainya yang dibawah wilayah KPH Parengan.

"Alhamdulillah ini bibitnya bagus-bagus, sudah cocok dan saatnya ditanam," tambahnya kepada bT, sebutan blokTuban.com. [hid/mu]