Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sejak tahun 2012, tanggal 12 Desember diperingati sebagai Hari Belanja On Line Nasional (HarBolNas). Bermula dari kegiatan yang diselenggarakan oleh E-Commerce di Indonesia dengan dukungan dari berbagai mitra kerja sama, seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media. Kegiatan itu dilaksanakan setiap tanggal 12 Desember selama 3 tahun berturut-turut. Sehingga, tangga 12 Desember diperingati sebagai HarBolNas atau #1212Sale.

Adanya HarBolNas sendiri merupakan hari perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja online dengan aman dan nyaman. Di tahun 2015, kemeriahan perayaan HarBolNas, juga ramai ditandai dengan banjir diskon besar-besaran dari situs jual beli on line. Tujuannya, untuk menarik perhatian pelanggan untuk berbelanja lewat on line.

Di Kabupaten Tuban sendiri, pemanfaatan online shop (olshop) atau toko online sudah mulai menggeliat. Salah satu pengelola olshop, Ahsan mengatakan, potensi pembeli di Tuban mencapai 50 % melalui jaringan internet.

"Biasanya anak muda, pelajar atau mahasiswa. Sementara usia 40 ke atas masih minim, lebih suka beli secara langsung, " kata Pengelola tokotuban.com itu.

Menurut Ahsan, olshop bisa lebih dimanfaatkan masyarakat. Sebab, potensi pemasaran lebih bagus, bisa juga untuk memasarkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pelaku usaha lain, Ifa selaku pemilik AFM Store menilai, usaha olshop di Tuban cukup berjalan baik, "Dengan memanfaatkan jejaring sosial mampu meningkatkan penjualan,"ujar Ifa. [dwi/ito]