Bidik Wisatawan, Putri Asih Akan Dikembangkan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Goa Putri Asih, adalah goa yang di dalamnya terdapat banyak pesona keindahan, khas goa. Dinding dan langitnya, dipenuhi batuan stalaktit dan stalagmit. Indah dan eksotis. Keberadaan goa ini tentu menarik minat wisatawan yang mengagumi kecantikannya.

Goa yang terletak di kawasan Resort Pemangku Hutan (RPH) Nguluhan, termasuk Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Mulyoagung, Kecamatan Montong, kabupaten Tuban.

Saat ini goa Putri Asih masih ditutup. Tapi tidak lama lagi, akan ada rencana pengembangan untuk memuaskan hasrat pelancong dari berbagai daerah, yang ingin mengeksplore keindahan tempat ini.

"Akan ada rencana pengembangan di Goa Putri Asih," jelas Camat Montong, Agus Wijaya, kepada blokTuban.com.

Agus menjelaskan, rencana pengelolaan akan dilakukan secara professional. Agar menarik minat wisatawan domestik ataupun wisatawan asing. Pengembangan sendiri, akan diusahakan oleh Pihak Perhutani dan Koperasi desa yang telah terbentuk.

"Akan dikelola secara professional, dan kami berharap untuk kelestarian alam tetap diutamakan," kata Agus.

Supaya lebih maksimal, direncanakan akan melakukan penambahan beberapa fasilitas. Mulai dari musala, tempat bermain anak-anak, dan lokasi parkir untuk melengkapi keindahan alam yang ada di sana.

"Kami berharap, apabila goa ini dikembangkan akan berpengaruh pada perekonomian warga sekitar. Bisa juga dilakukan pelatihan agar warga bisa menjual oleh-oleh khas Tuban dengan baik," tandasnya. [hud/mu]