Peserta Tes PLD Berjubel di Islamic Center

Reporter: M. Yazid

blokTuban.com - Sekitar 1.100 pendaftar yang mengikuti tes Pendamping Lokal Desa (PLD) di gedung Islamic Center Bojonegoro, Kamis (10/12/2015) berjubel. Mereka telah hadir sejak pukul 07.00 WIB, baik dari Kabupaten Bojonegoro maupun Tuban. Sebab, tes dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

Pantauan blokTuban.com menyebutkan, jika tes berlansung secara bersama-sama antara Bojonegoro dan Tuban, dengan tim yang dipisah. Satu persatu peserta bergiliran menghadap tim dari Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bappemas) Provinsi Jawa Timur. Untuk pendaftar, dari jumlah 1.100 orang, sekitar 594 diantaranya ber KTP Bojonegoro dan sisanya 506 dengan alamat Tuban.

"Tadi sudah datang sejak sebelum pukul 07.00 WIB," kata salah satu peserta, Edy, kepada blokTuban.com.

Dikatakan, kalau untuk peserta dari luar Kabupaten Bojonegoro, bisa lebih pagi lagi. Tampak sudah ada yang di Islamic Center Jalan Panglima Polim ketika pukul 06.00 WIB. Sebab, mereka tetap takut terlambat untuk hadir dan menunggu antrean.

Akibat banyaknya pendaftar untuk dua kabupaten tersebut, antrean di depan pintu sudah terjadi jelang dimulainya tes. Ratusan peserta lain duduk-duduk di masjid Islamic yang berada di utara gedung pertemuan, lokasi tes berlangsung.

"Tiap kabupaten ada lima penguji, dan setiap peserta rata-rata sekitar 10 menit di depan penguji," tambah peserta lain, Muhammad asal Tuban. [zid/mad]