Reporter: Ahmad Syahid

blokTuban.com- Sebagian besar penghitungan surat suara Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tuban sudah selesai pada tahapan rekapitulasi di Panitia Pemilu Kecamatan (PPK). Begitu pula yang terjadi di Kecamatan Tuban bagian selatan dan barat.

Untuk kecamatan Singgahan, Bangilan dan Senori rekapitulasi sudah beres dan selesai. Data yang didapat dari penghitungan PPK dan Panwascam sama, sehingga tidak memakan waktu yang lama.

Seperti data yang dihimpun blokTuban.com, di Kecamatan Singgahan dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 33.820 suara yang menggunakan hak pilihnya hanya 17.476 suara. Pasangan HudaNoor (incumbent) menang besar di Kecamatan Singgahan, yakni mendapatkan 11.075 suara, sedangkan pasangan calon (Paslon) jalur independent, yakni Zadit, mendapatkan 5.673 suara. Jadi suara yang tidak digunakan (Golput) sebanyak 16.344 suara.

Sedangkan di Kecamatan Bangilan dan Senori data tidak jauh beda dengan Singgahan. Pasangan incumbent unggul sebanyak 11.793 suara, sedangkan Paslon independen mendapat 6.488 suara. Angka tersebut diperoleh dari DPT sebanyak 38.025 suara. Tercatat, warga yang menggunakan hak pilihnya hanya 19.082 suara, dengan Golput sebesar 18.943 suara.

Sementara itu, keunggulan HudaNoor juga terjadi di Kecamatan Senori. Paslon incumbent mendapatkan 11.060 suara dan Paslon independen mendapatkan 5.889 suara. Tingkat partisipasi warga hanya 52 persen dengan 48 persen warga memilih Golput.

Selanjutnya, untuk Kecamatan Parengan, penghitungan suara akan dilanjutkan hari Jumat (11/12/2015) besok di kecamatan setempat. Sehingga hasilnya belum bisa dipastikan secara resmi.

Selanjutnya setelah selesai tahapan rekapitulasi, maka kotak suara segera dikirim ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban.

Ketua PPK Bangilan, A Kharis menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, terutama Panwas dan Muspika setempat. Karena dukungan semua pihak, Pilkada bisa berjalan lancar dan kondusif. Begitupula yang disampaikan Ketua PPK Singgahan, Pak Son sebutanya. "Alhamdulillah lancar, akhirnya selesai juga perjuangan dan pengabdian kita bersama untuk negeri ini," ujarnya kepada blokTuban.com. [hid/col]