Reporter: M. Yazid

blokTuban.com - Antusias pemilih di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Jalan Veteran, Kota Tuban, minim. Meskipun para nara pidana (Napi) di Lapas tersebut sudah disosialisasikan untuk mengikuti pencoblosan di TPS 6 Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Rabu (9/12/2015).

Ketua KPPS TPS 6, Wahyudi Setiyono mengaku, jumlah tahanan sebenarnya ada 334 Narapidana. Namun yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Lapas hanya ada 189 pemilih saja. "Tetapi yang menggunakan hak suaranya hanya 132 pemilih, ditambah 21 pemilih tambahan," jelasnya.

Warga Desa Bejagungkidul itu juga menjelaskan, 334 tahanan mayoritas warga Tuban, tercatat hanya 10 persen Napi dari luar Tuban. Sebelumnya pihak Lapas juga sudah beberapa kali melaksanakan sosialisasi kepada mereka.

"Para pemilih ada yang sudah keluar. Sedangkan 21 pemilih tambahan, terdiri dari 9 pemilih menggunakan KTP dan KK, serta 12 pemilih menggunakan A5," ungkap lelaki berusia 57 tahun tersebut.

Sementara itu, sisa pemilih lainnya tidak bisa menunjukkan A5, KTP atau KK, sehingga aturannya tidak bisa memilih. Selain itu seminggu sebelum pelaksanaannya sudah ada sosialisasi dan juga sudah diingatkan. [zid/col]