Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Ada yang berbeda pada pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Tuban kali ini, Rabu (9/12/2015). Pasalnya Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 Desa Jegulo, Kecamatan Soko beranggotakan perempuan semua.

Ketua TPS 1 Khulaifah mengatakan dengan melibatkan wanita diharapkan memberi contoh, wanita memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam keberlangsungan pemerintah desa.

"Di samping mengerjakan tugas sebagai ibu rumah tangga, perempuan juga dapat membantu memback up pemerintah desa. Seperti kegiatan pemungutan suara kali ini," kata Khulaifah.

Tidak haya itu dalam usaha mengajak warga menggunakan hak pilih. TPS 1 menyediakan pengambilan hadiah bagi warga yang sudah mncelupkan tinta di jari kelingking.

"Door prize diberikan untuk menarik warga desa, sebagai penganti waktu kerja masyarakat," kata Ulfa, sapaan akrab Khulaifah.

TPS yang berlokasi tepat di depan balai Desa Jegulo, memiliki Daftar Pilih Tetap (DPT) 505, sejak pukul 07.00 WIB sudah ramai didatangi warga. Anggota TPS terdiri dari 7 wanita berparas cantik siap melayani warga.

Anggota TPS menyediakan pengundian, warga mengambil undian jika beruntung bisa mendapat hadiah. Hadiah yang disediakan berupa kebutuhan rumah tangga, seperti minyak goreng dan sabun cuci.

Dalam kesungguhannya melaksanakan pemungutan suara, seluruh anggota mengenakan baju serupa. Gaun berwarna hijau dipadukan riasan apik menarik perhatian. [dwi/ito]