Serentak, Logistik Pilkada Didistribusikan ke Desa

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Logistik untuk keperluan pencoblosan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2015 besok, mulai didistribusikan ke masing-masing Petugas Pemungutan Suara (PPS), Selasa (08/12/2015) siang ini.

"Distribusi serentak kita laksanakan hari ini," jelas Divisi Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban, Nur Hakim, di kantornya.

Nur Hakim menjelaskan, distribusi logistik Pilkada dilakukan oleh Petugas Pemilih Kecamatan (PPK). Dari PPK langsung didistribusikan ke Petugas Pemungutan Suara (PPS) yang ada di masing-masing desa. Distribusi ini juga mendapat pengawalan dari petugas keamanan.

Logistik yang didistribusikan meliputi bilik suara, surat suara, kotak suara, formulir, alat coblos, dan semua kebutuhan pencoblosan. Pihaknya juga menyiapkan beberapa kekurangan logistik seperti plano penghitungan.

"Jadi semua kebutuhan akan diselesaikan hari ini juga," terang Nur Hakim.

Setelah berada di desa, logistik Pilkada akan langsung diamankan petugas. Baru selanjutnya dikirim ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) besok pagi. Mengingat jarak antara TPS dengan penyimpanan di desa cukup dekat dan tidak terlalu sulit dijangkau. [pur/col]