Baru Diperbaiki, Tanggul Karanglo Jebol

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Tanggul penahan air yang ada di Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, jebol setelah diterjang aliran deras selama hujan kemarin.

Tanggul tersebut jebol diduga karena struktur bangunan yang tidak kuat. Padahal, menurut informasi yang diterima blokTuban.com, tanggul ini baru diperbaiki di musim kemarau kemarin lantaran pernah rusak di tahun 2014 lalu.

Akibat jebolnya tanggul ini, air yang semestinya masuk ke tanggul desa setempat langsung membanjiri tanaman milik warga. Petani khawatir hal ini berpengaruh pada rusaknya tanaman jagung yang baru mereka tanam.

"Padahal ini baru diperbaiki sudah jebol lagi, mungkin perbaikannya tidak serius," terang salah satu warga, Sofa, di lokasi, Selasa (8/12/2015).

Dikonfirmasi blokTuban.com, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tuban berjanji akan segera meninjau lokasi rusaknya tanggul. PU juga akan memanggil pelaksana proyek perbaikan tanggul yang dimaksud.

"Akan ada tim penilai, yang memastikan apakah rusaknya tanggul ini faktor bencana apa tidak. Kalau faktor bencana, penanganannya adalah penanganan bencana. Tapi apabila rusak, maka akan diperbaiki oleh pelaksana proyek," jelas Choliq. [pur/col]