TNI Ajak Warga Tanam Padi Serempak di Plumpang

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam rangka memasuki musim tanam penghujan 1 tahun 2015/ 2016, TNI menggandeng Dinas Pertanian Tuban dan seperangkat pejabat di Kecamatan Plumpang menghelat gerakan tanam padi serentak, Senin (7/12/2015).

Kegiatan yang berlangsung di Dusun Geger, Desa Magersari ini merupakan upaya percepatan masa tanam. Lantaran musim penghujan yang semestinya bulan November, hujan turun pada awal Desember.

"Agar hasil panen lebih banyak dan stok nasional, khususnya beras bisa tercukupi, " kata Kepala Staff Kodim 0811 Tuban, Suko Edi Winarto.

Selain itu, lanjut Edi, ke depan pada saat panen raya atau bersamaan, harga di pasaran bisa stabil. Manfaat lainnya, juga dimanfaatkan untuk mengendalikan hama. "Jika dilakukan penanaman serentak, hama tidak berpindah-pindah, pengendalian mudah," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Camat Plumpang, Sudarmaji mengatakan, program percepatan penanaman padi di Kecamatan Plumpang dilakukan di beberapa desa saja. "Hanya desa yang sudah siap. Secara reguler beberapa desa sudah mendahilui," ujar Sudarmaji.

Dari pantauan blokTuban.com, kegiatan menanam padi atau dikenal masyarakat dengan 'tandur' dilakukan serentak yang diawali oleh TNI selaku penyelenggara. Kemudian diikuti Dinas Pertanian, Polisi, Camat, perangkat desa dan ibu-ibu petani. [dwi/ito]