Pegang Teguh Tiga Prinsip Hidup

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Menjadi tokoh masyarakat merupakan amanah yang harus dijalankan sepenuh hati. Dalam menjalani hidup perlu kiranya prinsip yang harus dipegang teguh.

Sudamarji, terhitung sejak Agustus 2014 menempati posisi Camat di Kecamatan Plumpang memiliki prinsip dalam hidupnya. Prinsip luhur selalu ia pegang taguh dalam kesehariannya.

Kepada blokTuban.com, Sudarmaji mengatakan, 'Sabar, Nerima dan Jujur' adalah prinsip yang selalu ia junjung tinggi. Prinsip dalam setiap perjalanan karir yang menempatkan dia sebagai figur masyarakat.

Sabar berarti harus mampu menghadapi segala macam karakter di dalam masyarakat.  Dalam artian menjadi pemimpin harus bisa menjadi Segoro atau Lautan. Laut boleh menerima apapun yang masuk, namun tidak menjadikan rasa berubah.

"Nerimo atau menerima dengan ikhlas dan selalu mensyukuri entah itu jabatan dan rejeki," kata laki-laki kelahiran Trenggalek 42 tahun silam.

Sedangkan prinsip ke tiga, yaitu jujur dalam menjalankan amanah. Tidak melakukan penyimpangan dan menyalahgunakan jabatan. Dalam perjalanan karir suami dari Ratna Setiyarini ini berupaya semaksimal mungkin bekerja untuk rakyat. Terlihat dari beberapa kali ia menyabet juara  di tingkat kabupaten.

Saat menjabat Camat Kecamatan Grabagan tahun 2013, Sudarmaji mendapat Juara 1 Lomba Percepatan PBB. Pada tahun berikutnya, berhasil menjadi juara 2 Lomba Kebersihan dan Keteduhan.

Saat menjabat camat Plumpang akhir 2014, Sudarmaji memperoleh Juara 1 Lomba Percepatan PBB kategori Baku 1 Milyar. Kemudian Juara 1 Gebyar Kebangsaan pada bulan Agustus lalu dalam HUT RI ke 70. [dwi/ito]

Profil Singkat Camat Plumpang:

Nama   : Sudarmaji
TTL      : Trenggalek 3 Mei 1973
Istri     : Ratna Setiyarini
Anak    : Ach Rangga Setiyanto, Kurnia Armachika Maylasari dan Rafi' Yusuf Triarmanda
Jenjang karir:
Ajudan Bipati Tuban (1996-1998)
Sekcam Merakurak (2011-2010)
Sekcam Bangilan (2010-2011)
Camat Grabagan (2012-2014)
Camat Plumpang (2014- sekarang)