Pemdes Berupaya Kembalikan Kejayaan Wisata Air Joko Tarup

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Lokasi wahana wisata air Joko Tarup tidak jauh dari akses jalan raya dan luas area sekitar 3,8 hektare. Meski saat ini pengunjungnya tak seramai dulu, sebenarnya sumber air Joko Tarup di Dusun Morosemo, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang memiliki potensi destinasti wisata.

"Sudah diupayakan permohonan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Tuban. sekitar satu tahun setengah Pemerintah Desa mengajukan proposal ditujukan kepada pemerintah kabupaten melalui Dinas Perekonomian dan Pariwisata. Namun, sampai saat ini tidak ada respon yang kami," kata Kepala Dusun Morosemo Nahrul Ulum.

Kepada blokTuban.com Nahrul mengaku kawasan sumber air Joko Tarup sempat dikunjungi dua kali oleh Bupati Tuban Fatkhul Huda. Dijanjikan bantuan dana untuk pengembangan sarana wisata sumber air, seperti kolam pancing atau wahana lainnya.

"Rencananya akan dianggarkan dana APBD atau dana hibah, juga bisa sharing dari dana desa.Tetapi janjinya belum juga teralisasi," ujar Nahrul yang sempat menjadi Pejabat (Pj) menggantikan Kepala Desa Sumber Agung tahun 2013-2014.

Tidak berhenti di situ, pengupayaan relokasi sumber air JOko Tarup terus dilakukan oleh Pemdes setempat. terhitung satu bulan lalu, perbaikan gazebo yang menjadi pelindung sumber air telah rampung. Dengan mengalokasikan dana desa, menghabiskan sedikitnya 60 juta kontruksi bangunan.

Nahrul menambahkan, pemdes Sumberagung terus berupaya mengembangkan potensi sumber air Joko Tarup. Rencananya tahun depan paling tidak akan dilakukan perbaikan kolam. Selain itu, mendatang area yang memiliki luas tiga hektar lebih itu dapat digarap dijadikan bumi perkemahan.

"Kami (Pemdes) memiliki rencana yang memerlukan uluran beberapa pihak, seperti pemerintah kabupaten, ataupun investor yang memiliki niat untuk mengembangkan potensi wisata yang ada. Dengan demikian perekonomian masyarakat pun bisa ditingkatkan beriringan dengan wisata Joko Tarup," tandas Nahrul. [dwi/]