Panen Pepaya Kalifornia Capai 1,5 Ton Perbulan

Reporter: Nurul Huda

blokTuban.com - Biasanya tumbuhan atau tanaman apabila kekurangan air akan mati. Beberapa bulan terakhir Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban dilanda kekeringan, tapi perkebunan buah pepaya yang berada di Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, mulai memasuki masa panen.

Panen tersebut dimulai pada bulan November, pepaya jenis Kalina PB-9 atau yang akrab disebut pepaya kalifornia ini dipanen setiap 3 hari atau 4 hari sekali.

Pujiono (39), salah satu pemilik kebun pepaya mengatakan, panen ini dilakukan satu minggu dua kali, dan setiap satu bulan panen bisa menghasilkan sekitar 1,5 ton pepaya.

"Setiap satu kilogramnya dijual Rp4000 untuk kualitas baik langsung dari kebun," ujarnya.

Untuk penjualan, kata Pujiono, dilakukan di beberapa daerah luar Kecamatan Kerek, seperti Merakurak dan Tuban Kota, selain itu banyak juga pembeli datang ke rumah langsung.

Pemilik kebun pepaya lain, Kusaini, menerangkan bahwa kemarau panjang yang terjadi beberapa bulan terakhir ini membuat para petani kawatir akan kualitas buah pepaya.

"Tapi Alhamdulillah panen kali ini banyak dan kualitasnya cukup baik " kata Kusaini kepada bT sapaan akrab blokTuban.com. Sabtu (05/12/2015). [hud/mu]