Lima Sektor Dominasi Penerimaan Pajak

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Terdapat lima sektor mendominasi penerimaan pajak oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Paratama Tuban beberapa tahun ini. tidak tanggung-tanggung, dari kelima sektor tersebut menunjukkan presentasi diatas 50% setiap tahunnya.

Lima sektor dominan yang berpotensi tersebut industri pengolahan, konstruksi, jasa (keuangan dan asuransi), administrasi (pemerintahan dan jaminan sosial wajib), perdagangan (besar dan eceran) dan reparasi/ perawatan (mobil dan sepeda motor).

"Lima sektor yang menjadi dominan tersebut memang memiliki potensi dibanding sektor lain," kata Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Tuban, Binanto Suryono.

Berdasarkan data yang dihimpun blokTuban.com setiap tahun penerimaan pajak dari kelima sektor melampaui setengah dari target pajak atau shortfall.

Pada tahun 2013 dengan shortfall Rp 335 triliun, kelima sektor menyumbang Rp 263 triliun. Tahun 2014 shortfall Rp 361 triliun, penerimaan pajak dari penerimaan pajak kelima sektor dominan mengalami peningkatan Rp 317 triliun. Sedangkan di bulan akhir Tahun 2015 dengan shortfall Rp 568 triliun, sejumlah Rp 295 triliun dihimpun dari kelima sektor dominan.

Seperti diberitakan sebelumnya, memasuki akhir bulan tahun 2015, target penerimaan pajak mencapai 62%. Namun Binanto mengaku optimis hingga nanti akhir tahun target pajak 2015 Rp 568 triliun bisa tercapai. [dwi/ito]