Potensi Kecamatan Senori sebagai 'Kampung Santri'

Reporter: Ahmad Syahid

blokTuban.com - Kecamatan Senori merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Tuban yang terletak di ujung selatan. Jarak dengan Kabupaten/ Kota sekitar 50 Kilometer(Km), bila ditempuh dari jalur Tuban kota membutuhkan waktu lebih dari 1 jam.

Ternyata di balik akses yang jauh dari kota, Kecamatan Senori terbilang unik. Pasalnya di wilayah kecamatan tersebut terdapat puluhan pondok pesantren dengan ribuan santri. Ini menjadi potensi tersendiri bagi Kecamatan Senori dibandingkan kecamatan lain di Kabupaten Tuban. Dengan otonomi daerahnya, rencananya Senori akan mempopulerkan ikon sebagai "Kampung Santri".

Camat Senori, Eko Julianto, saat dikonfirmasi terkait ikon Kecamatan Senori sebagai "Kampung Santri", pihaknya mengaku memang sudah mengkoordinasikan ikon itu ke berbagai pihak dan stakeholder, mulai dari Bupati, Sekda, DPRD dan para pengasuh pondok pesantren Se-Kecamatan Senori.

"Inginnya begitu, ini masih dalam tahapan koordinasi dan konsolidasi, karena sangat berpotensi sekali," ujarnya kepada bT, sebutan akrab blokTuban.com.

Sehubungan dengan hal ini, salah satu santri, Solihudin (19) turut angkat bicara, dirinya mengaku turut bangga bila itu benar terealisasikan. "Sebab itu akan menjadikan ciri khas Senori yang lebih agamis," ujar pria asal Bojonegoro tersebut.

Senada dikatakan salah satu warga Senori, Rosidi (40), dia mengapresiasi langkah pemerintah dalam mengusahakan agar potensi tersebut dioptimalkan.

"Harus didukung, semoga lebih membawa kebaikan dan keberkahan, sebab selain santrinya ribuan, Senori juga gudangnya ulama' khos," ujarnya. [hid/col]