Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda, mengingatkan kepada semua perusahaan yang ada di Tuban agar berperan dalam pengentasan kemiskinan di Bumi Wali.

"Ada hak orang miskin dari hasil usaha yang didapat," tegas Fathul Huda, ketika berada di acara Gerakan Bersama Membantu Masyarakat Miskin (Gematumaskin) di Pendapa Kridha Manunggal Tuban.

Huda lebih menekankan pada partisipasi pihak ketiga (perusahaan dan perbankan), agar angka kemiskinan di Tuban bisa ditekan. Tidak cukup, apabila masalah kemiskinan hanya ditangani pemerintah saja.

Selanjutnya, dia juga meminta agar forum Coorporate Social Responsibility (CSR) di Tuban bisa aktif kembali. Forum ini telah terbentuk beberapa tahun lalu, terdiri dari unsur pemerintah dan juga perusahaan-perusahaan di Kabupaten Tuban.

"Agar pengentasan kemiskinan di Tuban bisa terus kita tekan," lanjut Huda.

Beberapa kali Fathul Huda mengatakan, meski sejak 4 tahun terakhir angka kemiskinan di Tuban bisa diturunkan dari 20,19 persen menjadi 17,16 persen. Tetapi jumlah ini dinilai masih terlalu tinggi. Sehingga Pemkab menargetkan pada tahun 2016 angka kemiskinan bisa ditekan di angka 15,26 persen. [pur/col]