Andalkan Stok dari Even Donor Darah

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Stok darah di Kabupaten Tuban terbantu dengan kegiatan donor darah yang dilakukan sejumlah instansi, komunitas, maupun perusahaan yang ada di bumi wali.

Pasokan darah di Tuban tidak bisa mengandalkan dari pendonor yang datang di kantor Palang Merah Indonesia (PMI). PMI tampaknya harus jemput bola, atau mendatangi pendonor yang datang di suatu acara. Terakhir, di agenda donor darah di acara Pameran Dagang dan Industri, yang diadakan Dinas Perekonomian dan Pariwisata Tuban.

"Stok darah kita terbantu dengan adanya acara donor darah yang diadakan instansi atau perusahaan," kata salah satu petugas PMI Tuban, Yulis, Jumat (04/12/2015).

Saat ini, stok darah di PMI Tuban ada 237 kantong darah. Rinciannya, golongan darah AB sebanyak 56 kantong, golongan darah A sebanyak 40 kantong, golongan darah B sebanyak 80 kantong, dan juga golongan darah O sebanyak 61 kantong.

"InsyaAllah jumlah ini mencukupi untuk kebutuhan darah sampai bulan depan," terang Yulis.

Karena efektif menambah stok darah, PMI akan terus menggalakkan program donor darah ke masyarakat secara langsung. Caranya dengan melakukan kerjasama dengan berbagai instansi atau perusahaan. Supaya bisa menyisipkan agenda donor darah di beberapa kegiatan yang digelar. [pur/mu]