Ratusan Pengunjung Ziarah di Makam Sunan Bonang

Reporter: Ahmad Syahid

blokTuban.com - Makam Sunan Bonang atau Syekh Maulana Makdum Ibrohim berada di belakang persis Masjid Agung Tuban, atau sebelah baratnya Alun-alun dan Pendopo Kabupaten Tuban. Tampak dari pantauan blokTuban.com, sekitar pukul 08.00 WIB, lokasi makam sudah terdapat ratusan peziarah. Mereka dari berbagai daerah di Jawa.

Pengelola makam, Rofik (60) mengatakan, bahwasanya setiap harinya peziarah bisa mencapai ribuan orang. "Sejak pagi ini saja sudah ratusan, kalau dihitung tadi sekitar 400 orang," ujarnya kepada bT, sebutan akrab blokTuban.com.

Senada dengan itu, Rizal, mengaku dia juga turut serta membantu melestarikan sejarah dan menjaga budaya leluhurnya itu. Hampir setiap pagi, pria 27 tahun itu ikut membantu membersihkan kompleks makam Sunan Bonang yang ternyata juga terdapat Makam para Bupati-Bupati Tuban pada zaman dulu.

"Setiap hari bisa mencapai ribuan peziarahnya, terlebih pada hari Kamis sepert ini, bisa mencapai puluhan ribu yang berziarah," kata pemuda asal Desa Kutorejo saat ditemui di Kompleks Makam Sunan Bonang tersebut.

Sementara itu, salah satu peziarah, Zainal Arif mengatakan, dia datang bersama rombongan dari Bayuwangi, sudah 4 kali berziarah ke Sunan Bonang di Tuban.

"Hampir setahun sekali mengadakan ziarah ke makam-makam auliya. Agar mendapat barokahnya wali," tutur pria 45 tahun iyu.

Di lokasi Makam Sunan Bonang, Selasa (02/12/2015) pagi ini ada Ahli Sejarah dari Australia, William Gavin bersama salah satu keturunan Bupati Tuban pertama yang menziarahi leluhurnya dan mengobservasi kebenaran sejarah yang telah terbukukan. [hid/ito]