Tinggal 20 Persen, Dana Desa Rampung

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Melalui Kementerian Desa, Pemerintah berkomitmen untuk memajukan  Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, agar  pertumbuhan ekonomi desa bisa  mengalami peningkatan dengan anggaran yang diberikan pemerintah bisa digunakan dengan efektif untuk perbaikan setiap desa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk melakukan pembangunan desa, melalui anggaran yang telah disediakan oleh pemerintah pusat,.

"Kabupaten Tuban menerima Dana Desa (DD) dari Pemerintah pusat senilai Rp 88 Miliar, untuk 311 Desa Se - Kabupaten Tuban," kata Budi Wiyana ditemui di kantornya.

Budi menambahkan, dari dana tersebut, sudah 80% telah diberikan ke masing-masing desa secara dua kali bertahap. Untuk sisa 20% yang belum, pihaknya masih menunggu..

Untuk pembagiannya, 90% dari total DD dibagi secara merata untuk semua desa Se-Kabupaten Tuban. Sedangkan untuk yang 10 %, diprioritaskan untuk desa yang memiliki luas wilayah ataupun jumlah penduduk .yang lebih.

"Dana desa ini dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana, agar mempercepat pertumbuhan ekonomi yang ada pada masyarakat desa," pungkasnya. [nok/ito]