Wabup: Angka Kemiskinan Menurun

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kemiskinan merupakan suatu potret sosial yang menunjukkan tingkat kesejahteraan disuatu daerah, peningkatan pendapatan per Kapita hingga pemerataan ekonomi menjadi pekerjaan utama bagi  setiap pemerintahan baik yang ada di Pusat ataupun di Daerah.

Pemerintah Kabupaten Tuban Bersama Tim Kordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Tuban, mengadakan acara yang bertemakan "Gerakan Bersama Membantu Masyarakat Miskin" (Gema Tumaskin), yang bertempat di Pendopo Kridha Manunggal Kabupaten Tuban, Senin, (30/11/15).

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein menyampaikan, bahwa saat ini Kabupaten Tuban sedang dalam proses penekanan angka kemiskinan, agar sedikit demi sedikit pemerataan tingkat ekonomi bisa menurun.

"Berdasarkan data yang dimiliki Badan Pusat Statistik (BPS), sejak tahun 2011 angka kemiskinan mencapai 24%, tahun 2012 mencapai 20,19%, tahun 2013 mencapai 17,78%, dan tahun 2014 mencapai 17,16%, ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan" papar Wabup.

Acara ini mengundang Muspika Se-Kabupaten Tuban dan perusahaan-perusahaan yang ada di Bumi Wali. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan dan mensosialisasikan bahwa bukan hanya Pemerintah Kabupaten saja yang harus mengentaskan masalah kemiskinan, terlebih saat ini sudah ada Perda Corporate Sosial Responsibility (CSR) No.3 Tahun 2015  yang mengatur tentang Pembiayaan Kesejahteraan Sosial.

Wabup berharap, perusahaan yang ada di Kabupaten juga ikut membantu pengentasan kemiskinan. "Hal itu bisa dilakukan melalui program-program bantuan Corporate Sosial Responsibility (CSR) yang bermanfaat untuk masyarakat," harapnya. [nok/ito]