Disapu Angin, Tiang PJU di Parengan Roboh

Reporter: Ahmad Syahid

blokTuban.com - Saat memasuki musim penghujan yang disertai angin kencang seperti beberapa hari belakangan ini, warga di Kabupaten Tuban dan sekitarnya harus lebih hati-hati. Sebab, banyak rumah warga menjadi korban angin puting beliung. Kini giliran tiang penerangan jalan umum (PJU) di  pertigaan Parengan-Jatirogo-Bojonegoro, yang tersapu.

Pantaun blokTuban.com, Senin (30/11/2015), tiang PJU itu roboh akibat tertimpa pohon yang tumbang akibat diterjang angin. Akibatnya, tiang yang sempat menghalangi jalan itu menimbulkan kemacetan.

Untuk mengurangi kemacetan dan membersihkan jalan, pihak kecamatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Tuban dan Dinas Perhubungan (Dishub) memotong pohon dan memperbaiki PJU.

Salah satu petugas dari Kecamatan Parengan, Agung (37) mengatakan, jika pohon dan tiang PJU yang ikut roboh itu karena diterpa angin kencang. Selain itu, pohon juga sudah tua. "Harus segera dibereskan, biar tidak mengganggu pengguna jalan," kata kepada bT, sapaan akrab blokTuban.com.

Sementara staf dari BPBD Kabupaten Tuban, Jatmiko menambahkan, setelah adanya angin kencang ini pihaknya menghitung kerugian dan jumlahnya puluhan juta rupiah. " Meskipun kerugian ada, yang paling penting tidak menelan korban," tegasnya.

Terpisah, salah satu pengguna jalan, Rusdi (52), warga setempat menegaskan, jika musim penghujan seperti sekarang ini memang harus lebih hati-hati. Sebab sangat rawan sekali angin yang berkekuatan besar dan membahayakan para penggguna jalan.

"Memang sudah musimnya, harus waspadalah intinya," ujarnya. [hid/mad]