Cuaca Bersahabat, Nelayan Siap Cari Ikan

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Cuaca terlihat cerah dan bersahabat. Pendar mentari pagi berkilatan diantara riak kecil ombak di pantai utara.

Nelayan-nelayan di Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban tampak berbenah. Membetulkan layar dan alat tangkap. Cuaca cerah, mereka imbangi dengan semangat. Mencari hasil laut untuk penghidupan keluarga.

Air laut memang terlihat tenang, sepanjang pantauan, beberapa nelayan terlihat menebar jala di jarak hanya 0,5 mil dari pantai. Mereka mempergunakan perahu kecil, dengan isi penumpang hanya 1 sampai 3 orang saja.

"Kalau seperti ini cukup mencari ikan di pinggir-pinggir saja," kata salah satu nelayan, Masno (55), kepada blokTuban.com di pantai Kradenan, Senin (30/11/2015).

Di pinggir, berbagai jenis ikan bisa mereka dapat. Utamanya ikan sembilang dan keting (sejenis lele laut). Ikan ini diakui cukup laris di pasaran ataupun nikmat dikonsumsi sendiri.

"Kalau ombak besar itu sulit juga mencari ikan di pinggir gini," jelasnya.

Seperti ini, tidak hanya bisa ditemui di Kradenan. Tetapi juga desa-desa pesisir lain yang ada di Kecamatan Palang, Kecamatan Tuban, ataupun Kecamatan Jenu.

Pun demikian, tidak semua nelayan mencari ikan di pinggir laut. Untuk perahu yang lebih besar dengan jumlah personil lebih banyak, mereka langsung menuju ke tengah dan sudah berangkat Subuh tadi. Biasanya mereka akan pulang membawa hasil tangkapan pada kisaran pukul 11.00 WIB nanti. [pur/ito]