Bangunan RTLH segera Rampung, Desember Beres

Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Bantuan sosial yang diberikan Kementerian Sosial (Kemensos), yang saat ini dipimpin Khofifah Indar Parawansa telah diterima oleh masyarakat Tuban, Kelurahan Sukolilo, Kecamatan Kota, Kabupaten Tuban.

Bantuan ini diberikan kepada warga atau kelompok keluarga yang keadaan rumahnya tidak memenuhi kelayakan, rentan dengan bahaya penyakit dan kondisi rumah yang membahayakan bagi penghuninya, bentuk bantuan sosial ini berupa perbaikan rumah warga, atau yang lebih dikenal perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Program yang dianggarkan oleh kementerian sosial dengan nominal 10 juta per unit rumah ini, diharapkan mampu memberi manfaat bagi keluarga yang rumahnya jauh dari kelayakan. .

Menurut Sekretaris Pelaksana RTLH Kelurahan Sukolilo, Sutrisno, mengatakan bahwa Warga Kelurahan Sukolilo mendapatkan anggaran perbaikan rumah sebesar 500 juta dari Kemensos, anggaran tersebut untuk perbaikan rumah warga yang tidak layak huni.

"Ada sebanyak 50 rumah warga yang akan diperbaiki, terdiri dari 50 Kartu Keluarga yang menerima bantuan tersebut, masing-masing tiap rumah mendapatkan bantuan senilai 10 juta, jadi total keseluruhan anggaran adalah 500 juta," imbuhnya.

Saat ini prosentase fisik pembangunan Rumah Tidak Layak Huni di Kelurahan Sukolilo sudah mencapai sekitar 70% pengerjaannya dari total keseluruhan, target pembangunan rampung adalah bulan Desember mendatang.

Program perbaikan RTLH ini jatuh pada bulan Oktober 2015 dan akan berakhir pada bulan Desember 2015. [nok/mu]