Tuban Jadi Langganan Adipura

Laporan: Tim Infotorial

blokTuban.com - Kabupaten Tuban kembali mendapatkan penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senin (23/11/2915) lalu. Penghargaan ini diberikan untuk kota/kabupaten Tuban yang dinilai berhasil mengelola lingkungan dengan baik.

Penghargaan di bidang lingkungan ini sudah beberapa kali disabet Tuban. Pada tahun ini, penghargaan diberikan setelah pemerintah pusat memberikan penilaian Adipura terhadap 357 kota dan Ibukota yang ada di seluruh Indonesia.

Piala dan penghargaan Adipura diterima Bupati Tuban, Fathul Huda, dan diberikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, di hotel Bidikara, Jakarta.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menjelaskan, bahwa penilaian nasional Adipura selama empat tahun terakhir mengalami kenaikan dari 63,31 persen menjadi 67,51 persen. Kenaikan sebesar 6,63% ini merupakan indikasi kenaikan kualitas lingkungan hidup perkotaan secara nasional.

Terdapat pengetatan kriteria dalam rangka mendorong pemenuhan ketentuan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah (TPA), yaitu menggunakan kriteria TPA yang operasionalnya minimal Controlled Landfill (lahan urug terkontrol).

Hal ini diindikasikan dengan Nilai TPA lebih dari 74 untuk kategori kota Kecil dan Sedang, serta Nilai TPA lebih dari 72 untuk kategori kota Besar dan Metropolitan. Jadi jika ada suatu kota memiliki Nilai Adipura lebih dari 75, namun nilai TPA-nya tidak memenuhi kriteria di atas, maka kota tersebut tidak akan diberikan penghargaan Adipura.

Penilaian lain, adalah penataan ruang hijau yang harus tersedia seluas 30 persen dari luas wilayah. Kemudian perhatian area Daerah Aliran Sungai (DAS) yang harus terjaga. Dan, perhatian perawatan ruang publik seperti terminal, rumah sakit, dan sekolah.

"Setelah melakukan pemantauan terhadap 357 kota dan ibukota Kabupaten, maka penilaian serta verifikasi lapangan dan pengkajian, peraih Piala Adipura terbagi menjadi empat kategori," kata Siti Nurbaya.

Kategori pertama, adalah kota peraih Anugerah Adipura Kencana, yaitu penganugerahan yang diberikan kepada kota/ibukota kabupaten yang kinerja pengelolaan lingkungan beyond compliance sebanyak 3 kota. Kategori kedua, kota peraih Anugerah Adipura yang diberikan kepada kota/ibukota kabupaten yang kinerja pengelolaan lingkungannya memenuhi kriteria anugerah Adipura.

"Untuk anugerah Adipura ini diberikan kepada 65 kota. Yaitu 5 kota metropolitan, 3 kota kategori kota besar, 25 kota sedang, dan 32 kota kategori kota kecil," tuturnya.

Sementara, untuk kota peraih Sertifikat Adipura yang merupakan penghargaan kepada kota/ibukota kabupaten yang mengalami kenaikan nilai Adipura signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Peraih kota kategori ini ini ada 69 kota yaitu 1 kota kategori metropolitan, 3 kota kategori kota besar, 18 kota kategori sedang, dan 47 kota kategori kecil.

Lalu, kota Peraih Plakat Adipura yaitu penghargaan yang diberikan kepada lokasi terbaik sebanyak 17 kota dengan rincian taman kota terbaik 4 kota, pasar terbaik 3 kota, terminal terbaik 4 kota, hutan kota terbaik 4 kota dan TPA terbaik 3 kota.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Jusuf Kalla, mengatakan raihan anugerah Adipura Kencana menjadi bukti keberhasilan pemimpin daerah di bidang kebersihan lingkungan.

"Sehingga raihan anugerah Adipura Kencana dalam kebersihan lingkungan dapat menjadi nilai tambah bagi pemimpin petahana, atau kepala daerah yang ikut atau ingin dalam pemilihan kepala daerah (pilkada)," katanya.

Wapres yakin, piala yang didapat oleh suatu daerah yang meraih anugerah Adipura dan Adipura Kencana akan diarak keliling kota dan menjadi sarana kampanye yang baik tentang keberhasilan membangun lingkungan.

"Hal yang paling penting lagi, setiap yang pegang Piala Adipura ini apabila ingin ikuti Pilkada pasti kesempatannya besar dapat memang pemilu atau pikada," kata Wapres.

JK berharap kepada bupati atau wali kota yang belum mendapat, agar berusaha mendapat pada tahun-tahun depan, agar dalam Pilkada mendapat bahan kampanye. "Karena dengan mendapat penghargaan tersebut, maka pihak lawan dalam pilkada akan susah mengkritik keberhasilan pemimpin petahana dalam menjaga kebersihan lingkungan," katanya.

Dalam kegaiatan ini, Wapres Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan Adipura Kencana kepada tiga kota yaitu Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, untuk kategori kota metropolitan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, kategori kota besar, dan Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara kategori kota sedang.

Adapun Tuban bersaing dengan 65 Kabupaten/Kota dalam Kategori penghargaan yang sama, Bupati Tuban, H. Fathul Huda berharap setiap capaian harus disyukuri seperti halnya Adipura, adapun caranya dengan selalu menjaga lingkungan sekitar agar tetap Indah, asri dan lestari.

"Penghargaan adalah bonus dari sebuah perjuangan dalam menjaga lingkungan, yang lebih penting adalah terciptanya Kabupaten Tuban yang semakin indah dan berwawasan lingkungan," tegas Huda, Sabtu (27/11/2015). [*/info bT]