Kredit Konsumtif Gaet Nasabah Terbesar

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Debitur pada perbankan banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat. Di Kabupaten Tuban misalnya, pada sejumlah bank kredit konsumtif memiliki rasio diatas rata-rata.

Keterangan Penyelia Pemasaran Kredit Bank BNI Cabang Tuban, Lucia Mahanani, mengatakan sekitar 90% dari total 1.332.000 debitur, banyak mengajukan kredit yang pinjaman disalurkan secara individual.

Sebagian besar debitur konsumtif berasal dari karyawan, dimana kesepakatan dilakukan dibawah naungan instansi tertentu. Seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai pabrik dan lainnya.

"Pengambilan kredit biasanya digunakan untuk angsuran pembelian rumah dan kendaraan bermotor," ujar Lucy, sapaan akrab Lucia Mahanani.

Terpisah, Micro Banking Manager, Bank Mandiri Mikro Cabang Tuban, Hayat Udin, menjelaskan bahwa kredit konsumtif selama ini mencapai 1 miliar.

Karena kredit konsumtif ditujukan untuk individual, kelayakan masing-masing nasabah untuk mendapatkan pinjaman akan dipertimbangkan masak-masak oleh pihak bank. Termasuk dengan melakukan "BI checking" terhadap data Informasi Debitur Individual (IDI) historis di Biro Informasi Kredit Bank Indonesia.

"Kredit Konsumsi ini umumnya dikenali dalam bentuk Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dan non KPR" terang Hayat Udin kepada reporter bT sapaan akrab blokTuban.com. [dwi/mu]