Ingin Bakar Kalori Secepat Pria? Ini Rahasianya

Reporter: --

blokTuban.com - Jika Anda adalah satu di antara ribuan wanita yang sedang berjuang menurunkan berat badan, berolahraga maksimal di pusat kebugaran dan menghitung setiap kalori yang masuk ke tubuh Anda, sambil dikelilingi pria-pria yang nampaknya begitu cepat mendapat bentuk tubuh ideal, Anda tidak sendiri.

Kabar yang mengatakan bahwa pria lebih mudah menurunkan berat badan adalah antara mitos dengan fakta. Perbedaan sebenarnya antara pria dan wanita dalam hal ini adalah masalah fisiologis.

Pria lebih mudah membakar kalori, karena mereka cenderung memiliki tinggi, berat dan massa otot lebih dari wanita. Anda sudah tahu bahwa massa otot adalah salah satu faktor penentu pembakaran lemak tubuh. Semakin besar massa otot Anda, semakin mudah Anda membakar lemak.

Berkenaan dengan tinggi dan berat badan pria yang lebih dari wanita, atau dengan kata lain pria cenderung lebih besar dari wanita, ini juga memengaruhi. Orang yang berbadan besar punya keuntungan tersendiri dibanding yang berbadan kecil.

"Karena pria harus 'menanggung' berat dan tinggi yang lebih banyak saat beraktivitas, mereka membutuhkan energi yang lebih banyak juga. Karena mereka membutuhkan lebih banyak energi, tubuh mereka membakar lebih banyak kalori," kata Joey Gochnour, ahli diet dan nutrisi serta pelatih kebugaran bersertifikat di Amerika Serikat.

Karena kebutuhan kalori pria lebih banyak, modifikasi pola makan dan olahraga yang mereka jalankan akan menghasilkan defisit kalori. Hasilnya, berat badan pria turun lebih cepat dari wanita yang melakukan diet dan olahraga yang sama dengan pria.

Organ tubuh yang lebih besar akan mengambil kalori lebih besar. Organ tubuh yang kecil, mengambil kalori kecil juga. Organ tubuh wanita yang lebih kecil, tidak akan membakar kalori lebih banyak dari pria yang ukurannya lebih besar. Jadi, defisit kalori wanita tidak akan sebanyak pria. Inilah yang menyebabkan penurunan berat badan wanita berjalan lebih lambat dari pria.

Apa solusinya untuk wanita?
Menambah tinggi badan saat usia sudah dewasa, bisa dikatakan sebagai sesuatu yang nyaris mustahil. Menambah berat badan tentu saja bukan pilihan. Yang bisa dilakukan wanita untuk mempercepat penurunan bobot tubuhnya, adalah mengubah rasio massa otot dengan lemak tubuhnya.

Banyak wanita takut tubuhnya menjadi gempal jika harus membentuk otot. Strength training adalah pilihan olahraga yang tepat bagi wanita untuk memperbesar massa ototnya tanpa harus menjadi gempal.

Strength training tidak selalu harus mengangkat barbel besar, squat rack dan bench press. Lupakan jenis latihan itu. Wanita bisa melakukan jenis strength training atau latihan kekuatan yang lain. Pilih jenis latihan body weight exercise atau latihan menahan berat tubuh Anda sendiri seperti push up dan pull up.

Apakah ini sudah cukup? Sayangnya tidak. Pria didominasi oleh hormon testosteron. Penelitian membuktikan, bahwa hormon ini membantu pria membentuk otot lebih cepat dari wanita. Testosteron meningkatkan massa otot dengan cara meningkatkan sintesa protein otot, lalu membangun kembali jaringan otot.

Sebuah penelitian dari University of Missouri membuktikan hal ini. Pemimpin penelitian, Prof. Jill Kanaley dan tim, meneliti  75 pria dan wanita obesitas dengan diabetes tipe-2. Masing-masing partisipan dimonitor detak jantung dan gula darahnya saat melakukan tes isometric handgrip, yang dilanjutkan dengan program latihan squeezing selama beberapa menit tiap sesi.

Hasilnya, tidak hanya pria mendapatkan manfaat yang lebih banyak untuk jantungnya, tapi juga bisa mencapai tujuan latihan 20 persen lebih cepat dari wanita.

Kuncinya: Program Jangka Panjang
Jangan putus asa, para wanita. Pria tidak selalu menang. Penelitian di Inggris terhadap 201 wanita obesitas dan 77 pria obesitas memberi harapan baru. Para simpatisan penelitian diminta menjalankan empat program diet sperti Atkins, Slim-Fast, Weight-Watchers,  diet Rosemary Conley dan Fitness Plan, selama dua dan enam bulan.

Pada dua bulan pertama, para pria mengalami penurunan berat dua kali lebih banyak dari wanita. Tapi, selisih penurunan berat ini semakin mengecil ketika mereka terus menjalankan dietnya masing-masing. Di bulan ke-enam, hasil penurunan berat badan antara pria dan wanita menunjukkan angka yang sama.

Jadi, bagi para wanita, tetaplah jalankan diet dan program olahraga Anda dengan tekun. Segala jerih payah Anda akan terbayar, tubuh Anda akan terlatih membakar kalori sebanyak yang bisa dilakukan pria. [mad]

Sumber: http://health.kompas.com/read/2015/11/16/185700023
/Ingin.Bakar.Kalori.Secepat.Pria.Ini.Rahasianya?
page=1