Kopertis: Aktif Setelah Manajemen Dirombak Total

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) VII Jawa Timur membenarkan kalau Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban diaktifkan mulai hari ini, Senin (23/11/2015). "Aktifnya setelah melakukan perombakan manajemen secara total," kata Sekretaris Pelaksana Kopertis VII Jawa Timur, Prof Dr Ali Maksum, ketika dihubungi blokTuban.com melalui ponselnya.

Diterangkan, jika permasalahan yang berat di Unirow sehingga berujung pada penonaktifan pada tata kelola dan penyelenggaraan yang tidak akuntabel. Syaratnya, kata Ali Maksum, kampus di Jalan Manunggal, Kota Tuban ini harus mengganti semua jajaran manajemen.

"Saat itu kita minta semua jajaran manajemen diganti, termasuk rektornya juga harus ganti kan saat itu?" tegas Ali Maksum.

Pergantian manajemen tidak hanya berlaku untuk rektor saja. Tetapi juga ditingkatan Dekan dan Kaprodi. Tujuannya supaya Unirow bisa membenahi penyelenggaraan pendidikan yang lebih bermutu. Semua langkah ini diakui Ali Maksum telah dilakukan Unirow.

"Ketika ada komitmen penyelenggaraan yang baik, kami (Kopertis) bersama Dikti memutuskan untuk mengaktifkan kembali mulai hari ini," lanjutnya Ali Maksum.

Meski jajaran manajemen baru dinilai belum sempurna seperti yang diinginkan Kopertis, tetapi hal ini memang membutuhkan proses yang tidak mudah. "Memang manajemen baru belum sempurna, iya, tapi kita meyakini itu adalah proses," sambungnya.

Seperti diketahui jika penonaktifan sekitar Juni 2015 lalu yang berujung polemik. Mahasiswa sempat melakukan aksi besar-besaran dan bermuara pada digantinya rektor lama, Hadi Tugur, dengan rektor baru yaitu Supiyana Dian Nurtjahyani. [pur/mad]